Rabu, 23 November 2011

PENGANTAR BISNIS TUGAS MINGGU 5

TUGAS  MINGGU 5 :

1.      Fungsi Manajemen ada 5 yaitu :
Ø  Perencanaan (Planning), perencanaan atau planning sebagai penetapan tujuan, policy, prosedur, budget, dan program dari suatu organisasi. Jadi dengan fungsi planning termasuk budgeting yang dimaksudkan fungsi manajemen dalam menetapkan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi, menetapkan peraturan-peraturan dan pedoman-pedoman pelaksanaan yang harus dituruti, dan menetapkan ikhtisar biaya yang diperlukan dan pemasukan uang yang diharapkan akan diperoleh dari rangkaian tindakan yang akan dilakukannya.
Ø  Pengorganisasian (Organizating), Organisasi atau pengorganisasian sebagai keseluruhan aktivitas di manajemen dalam mengelompokkan orang-orang beserta dengan penetapan tugas, fungsi, wewenang, serta tanggung jawab masing-masing dengan tujuan terciptanya aktivitas yang berdaya guna dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dalam perencanaannya.
Ø  Pengarahan (Directing), Directing atau Commanding merupakan fungsi manajemen yang dapat berfungsi bukan saja agar pegawai melaksanakan atau tidak melaksanakan suatu kegiatan, tetapi dapat pula berfungsi mengkoordinasikan kegiatan berbagai unsur organisasi agar efektif tertuju kepada realisasi tujuan yang  ditetapkan sebelumnya.
Ø  Pengkoordinasian (Coordinating), Agar terdapat komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan sehingga tercapai tujuan organisai.
Ø  Pengawasan (Controlling),  Perbaikkan-perbaikkan yang perlu dilakukn jika terjadi penyimpangan pelaksanaan perencanaan.
Dari penjelasan dan ulasan di atas, nampaklah jelas bahwa manajemen sangatlah berpengaruh besar terhadap kehidupan mahasiswa, terutama jika berorganisasi. Bukan hanya berorganisasi, tapi dalm kehidupan sehari-hari pun segala jenis dan macam manajemen baik itu manajemen waktu, manajemen pengetahuan, dan lain-lain akan sangat bermanfaat bila diimplementasikan secara tepat pada sasarannya masing-masing.
2.      Latar belakang sejaranh manajemen adalah Pada tahun 1911 Frederick W. Taylor menerbitkan buku karangan The Principles Of Scientific Management. Taylor dikenal sebagai Bapak Manajemen Ilimiah. Dalam bukunya Taylor mengemukakan beberapa prinsip dalam melakukan pekerjaan yaitu :
1)      Semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisi guna menentukan cara terbaik untuk menyelesaikannya.
2)      Orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah.
3)      Kita dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan menggaji pemegang jabatan dengan dasar intensif yaitu menyamakan gaji dengan hasil kerjanya.
4)      Penempatan manajer dalam perencaan, persiapan dan pemeriksaan pekerjaan.

3.      Ciri-ciri keterampilan yang dibutuhkan manajemen professional adalah :
Berkaitan dengan hubungan antar pribadi :
a.       Pemimpin Lambang (Figurehead), kepala simbolis untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan social.
b.      Pemimpin (Leader), bertanggung jawab utuk memotivas dan mengaktifkan bawahan.
c.       Penghubung (Liaison), memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendri yang  memberikan dukungan dan informasi.
Berkaitan dengan Informasi :
a.         Pemantau (Monitor),  sebagai pusat saraf internal dan eksternal tentang organisasi.
b.        Penyebar (Dissiminator), meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi.
c.         Jurubicara (Spokesperson), meneruskan informasi kepada orang luar mengenai, rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi.
Berkaitan dengan Pengambilan Keputusan :
a.       Wirausaha (Enterpreneur), mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakasai “proyek-proyek perbaikan” untuk menimbulkan perubahan.
b.      Pengendali gangguan (Disturbance Handler), bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
c.       Pengalokasian Sumber Daya (Resource Allocator), bertanggung jawab atas alokasi segala sumber daya organisasi.
d.      Perunding (Negotiator), mewakili organisasi pada perundingan-perumdimgam utama.

4.      Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan. Eleme-elemen organisasi ada 3 (tiga) yaitu, Interaksi manusia, Kegiatan yang mengarah pada tujuan dan Struktur organisasi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar