Rabu, 14 November 2012

Grand Strategi Agar Koperasi, KUD, dan UKM Dapat Go Internasional



UNIVERSITAS GUNADARMA
Nama : Nani Nurhayati
Kelas / NPM : 2EB21 / (28211355)
Mata Kuliah Ekonomi Koperasi (Tulisan)
“Grand Strategi Agar Koperasi, KUD, dan UKM Dapat Go Internasional”

Setiap pengusaha pasti menginginkan usahanya semakin maju dan berkembang hingga mencapai ranah Internasional. Dimana tidak hanya pasar dalam negeri saja yang dijajaki namun pasar luar negeri pun dapat ditahlukan. Namun itu semua bukanlah hal yang mudah, terutama bagi lembaga usaha seperti Koperasi, KUD, dan UKM. Berikut adalah strategi-strategi yang dapat digunakan untuk dapat mengembangkan usaha keranah Internasional.


  • Strategi  Yang Dilakukan Untuk Memajukan Koperasi


Merekrut  Anggota Yang Berkompeten
Dimulai dari keanggotaan koperasi itu sendiri, pertama saya akan merekrut anggota yang berkompeten dalam bidangnya. Tidak hanya orang yang sekedar mau menjadi anggota melainkan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan dan pengembangan koperasi.

Meningkatkan Daya Jual Koperasi Dan Melakukan Sarana Promosi
Untuk meningkatkan daya jual koperasi, yang akan saya lakukan adalah membuat koperasi lebih bagus lagi. Dan tidak hanya itu, koperasi pun memerlukan sarana promosi untuk mengekspose kegiatan usahanya agar dapat diketahui oleh masyarakat umum seperti badan usaha lainnya salah satu caranya dengan menyebarkan brosur dan membuat spanduk agar masyarakat mengetahuinya.

Merubah Kebijakan Pelembagaan Koperasi
Dalam kehidupan sosial-ekonomi masyarakat kebijakan pelembagaan koperasi dilakukan degan pola penitipan, yaitu dengan menitipkan koperasi pada dua kekuatan ekonomi lainnya.

Menerapkan Sistem GCG
Perkembangan koperasi di Indonesia semakin lama semakin menunjukkan perkembangan menggembirakan. Sebagai salah satu pilar penopang perekonomian Indonesia, keberadaan koperasi sangat kuat dan mendapat tempat tersendiri di kalangan pengguna jasanya.

Memperbaiki Koperasi Secara Menyeluruh
Upaya serius untuk mendiseminasikan dan mensosialisasikan GCG koperasi dalam format gerakan nasional berkoperasi secara berkesinambungan kepada warga masyarakat, baik melalui media pendidikan, media massa, maupun media yang lainnya yang diharapkan akan semakin memajukan perkoperasian indonesia.

Membenahi Kondisi Internal Koperasi
Praktik-praktik operasional yang tidak tidak efisien, mengandung kelemahan perlu dibenahi.

Penggunaan Kriteria Identitas
Penggunaan prinsip identitas untuk mengidentifikasi koperasi adalah suatu hal yang agak baru, dengan demikian banyak koperasiwan yang belum mengenalnya dan masih saja berpaut pada pendekatan-pendekatan esensialis maupun hukum yang lebih dahulu, yang membuatnya sulit atau bahkan tidak mungkin untuk membedakan suatu koperasi dari unit-unit  usaha lainnya seperti kemitraan, perusahaan saham atau di Indonesia dikenal dengan Perseroan Terbatas (PT).

Menghimpun Kekuatan Ekonomi Dan Kekuatan Politis
Dalam menghadapi situasi seperti ini, alternatif terbaik bagi usaha kecil termasuk koperasi adalah menghimpun kekuatan sendiri baik kekuatan ekonomi maupun kekuatan polotis untuk memperkuat posisi tawar dalam penentuan kebijakan perekonomian nasional.

  • Strategi  Yang Dilakukan Untuk Memajukan Koperasi Unit Desa (KUD)

Strategi yang digunakan untuk mengembangkan Koperasi Unit Desa ke tahap internasional, yaitu dengan cara mempersatukan diri, dalam kesatuan loyalitas yang tinggi dan dapat memberikan landasan untuk memperkokoh kerjasama dan disiplin dalam kesatuan yang bulat. Adapun hal yang mempengaruhi strategi agar KUD dapat bersaing dalam pasar internasional adalah mengembangkan sektor-sektor usaha yang berorientasi sebagai program yang akan dilaksanakan. Menjalankan pembinaan dan pengembangan KUD sebagai lembaga maupun perusahaan, serta memperbaiki tata cara untuk menganalisa dan mengevaluasi setiap tindakan KUD agar lebih baik dan memungkinkan KUD merambah pasar internasional.

  • Strategi  Yang Dilakukan Untuk Memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM)

Mulailah Dengan Riset Pasar (Start With Market Research)
Sebelum melakukan perluasan pasar keranah internasional, perlu dilakukan riset pasar untuk dapat mengetahui mangsa pasar yang akan ditembus dan apa saja hambatan yang akan dihadapi nantinya. Juga sebagai langkah dalam hal mengantisipasi hambatan yang akan terjadi.

Menciptakan Produk Unik (Create a Unique Product  )
Untuk mencari daya tarik pelanggan , sangat dibutuhkan suatu inovasi produk agar pelanggan tidak bosan dengan produk yang sudah ada. Itu juga merupakan salah satu cara agar perusahaan (UKM) berkembang, maju hingga mencapai kesuksesan dan meranjah pasar internasiolal.

Promosi (Promotion)
Salah satu cara agar perusahaan (UKM) dapat berkembang keranah internasional adalah banyaknya pelanggan yang menggunakan produk tersebut, dan agar semua itu dapat tercapai dibutuhkan promosi produk kekhalayak ramai agar semua orang tahu akan produk tersebut.

Pemeliharaan Loyalitas Pelanggan (Maintenance of Customer )
Menjaga kepercayaan pelanggan merupakan hal terpenting dalam menjaga perusahaan (UKM) tetap bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Serta dapat membuat perusahaan berkembang sampai go internasional.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar